Apa itu iOS beta?

Mengenali fase pengembangan dan perilisan iOS/iPadOS dari versi beta sampai publik.

Dalam pengembangan sebuah produk perangkat lunak, ada siklus, tahapan, atau fase yang dilalui. Fase ini disebut fase pengembangan. Dalam pengembangan iOS dan iPadOS, ada tiga fase pengembangan yang dikenal secara umum, yaitu beta, RC, dan stabil/public.

Beta

Secara umum, fase beta adalah ketika sebuah perangkat lunak sudah dianggap layak digunakan tetapi masih belum siap untuk dirilis ke publik. Alasannya karena fase beta masih belum sempurna, masih butuh diuji coba, masih mengalami perubahan desain, fitur-fiturnya belum lengkap, dan terdapat banyak bug atau masalah yang belum terselesaikan. Meskipun begitu ada juga perangkat lunak yang sudah disebar ke publik walaupun masih berstatus beta.

Perangkat lunak beta yang disebar ke publik atau bisa diakses oleh publik disebut dengan open beta, sedangkan perangkat lunak yang disebar secara terbatas untuk orang-orang atau grup tertentu disebut dengan closed beta.

Mendapatkan dan meng-install iOS atau iPadOS versi beta dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Mendaftar sebagai developer di Apple Developer Program
  2. Mengikuti program Apple Beta Software Program yang terbuka untuk umum

Apple Developer Program adalah program khusus yang ditujukan untuk orang-orang mau menjadi developer atau mau mengembangkan aplikasi untuk platform iOS/iPadOS. Program ini berbayar dengan biaya US$99 per tahun. Dengan mengikuti program ini Anda akan punya developer account , akses ke forum khusus developer, dan punya akses ke perangkat lunak iOS/iPadOS versi beta dan program beta lainnya sebagai benefit saat mengikuti program.

Apple Beta Software Program adalah program yang bisa diikuti oleh siapa saja. Apple membolehkan siapa saja untuk mendaftar dan berpartisipasi mengikuti program ini untuk memberikan feedback dan melaporkan bug yang ditemukan pada iOS/iPadOS selama tahap uji coba. Program ini terbuka dan gratis untuk umum, Anda tidak perlu membayar dan tidak harus mengikuti program developer.

Developer Beta dan Public Beta

Versi beta yang dirilis oleh Apple ada dua jenis, yaitu Developer Beta dan Public Beta.

Developer Beta adalah versi beta yang ditujukan khusus untuk anggota program developer (program berbayar), sedangkan Public Beta adalah versi beta yang ditujukan untuk anggota yang bergabung dalam Apple Beta Software Program. Secara teknis kedua versi beta ini sama saja, perangkat lunaknya sama, yang berbeda adalah waktu perilisannya saja. iOS/iPadOS versi Dev Beta (biasanya) tersedia lebih awal kepada developer dibanding Public Beta.

iOS dan iPadOS versi beta diumumkan pada acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang biasanya diadakan pada bulan Juni. Kemudian di hari yang sama pada acara WWDC versi Developer Beta dari iOS dan iPadOS akan dapat diakses oleh para developer untuk diuji coba.

Release Candidate (RC)

Release Candidate atau disingkat RC adalah versi akhir dari fase beta, dan sudah siap untuk dirilis ke publik (kecuali ada bug parah yang ditemukan). Pada versi RC perangkat lunak sudah tergolong stabil, dan tidak ada lagi perubahan desain dan fitur-fitur baru yang akan ditambahkan. RC akan dirilis ke publik ketika tidak ada perubahan atau perbaikan besar yang mendadak.

Rilis stabil / public / General release

Kalau versi RC tidak mengalami perubahan signifikan dan tidak ada bug yang mencegahnya dirilis tepat waktu maka versi RC akan dirilis ke publik sebagai versi stabil, resmi, atau publik.

Versi publik adalah versi yang didistribusikan secara umum untuk semua pengguna, yang bisa di-download langsung dari iPhone, iPad, dan iPod touch (via over the air atau OTA) atau melalui iTunes (IPSW).

Versi stabil atau publik dari iOS dan iPadOS biasanya dirilis pada bulan September atau November.