Cara identifikasi model iPhone, iPad, dan iPod touch

Pelajari cara mengidentifikasi iPhone, iPad, dan iPod touch.

Sebelum mulai men-download file IPSW untuk iPhone, iPad, atau iPod touch milik Anda, cari tahu dulu model perangkat Anda untuk memastikan kalau file IPSW yang Anda download cocok dengan seri atau model perangkat Anda. Kalau file IPSW yang Anda download tidak sesuai dengan perangkat Anda maka iTunes akan menolaknya dan iOS atau iPadOS-nya tidak akan ter-install.

Cara mengidentifikasi model dari iPhone, iPad dan iPod touch adalah dengan cara berikut.

Lihat di Pengaturan

  1. Buka Settings > General > About.
  2. Di sisi kanan Anda akan melihat karakter/angka-angka yang dimulai dengan huruf A. Catat angka-angka tersebut karena angka-angka tersebut merupakan nomor model (model number) dari perangkat Anda.
iPhone - Model Settings

Lihat di tempat kartu SIM perangkat Anda

Selain melihat nomor model dari halaman Pengaturan, Anda juga bisa melihat nomor model dari bodi perangkat. Berguna kalau seandainya perangkat Anda tidak bisa dinyalakan atau tidak merespon sama sekali.

Untuk iPhone 8 atau versi lebih baru, lepaskan tempat kartu SIM, lalu lihat di slot tempat kartu SIM. Nomor model terdapat di sisi atas, yakni sisi yang berdekatan dengan layar.

iPhone X SIM card tray

Jika Anda memiliki seri iPhone yang hanya memiliki eSIM, Anda tidak akan menemukan tempat kartu SIM. Untuk mengecek nomor model perangkat yang tidak memiliki kartu SIM caranya adalah dengan memeriksa konektor Lightning di tempat yang terang, dan mencatat nomor yang tampak pada sisi atas, yakni sisi yang berdekatan dengan layar.

iPhone - Charging port

Untuk iPhone 7 (atau versi lebih lama), iPad, dan iPod touch, nomor model bisa ditemukan di bagian belakang perangkat.

iPhone body

Setelah menemukan nomor model perangkat Anda, selanjutnya adalah men-download file IPSW yang sesuai. Sesuaikan nomor model perangkat Anda dengan versi IPSW yang ada pada tabel informasi setiap perangkat.

iOS table

Informasi tambahan

Untuk informasi yang lebih jelas mengenai nomor model, silakan merujuk ke halaman-halaman berikut: