Cara masuk ke Recovery Mode atau DFU mode

Recovery Mode dan DFU mode adalah dua mode/kondisi yang berbeda tetapi untuk keperluan yang pada dasarnya sama, yaitu untuk me-restore atau memulihkan iPhone, iPad atau iPod touch.

Apa itu Recovery Mode

Recovery Mode adalah fitur fail-safe, yaitu fitur atau mekanisme yang didesain untuk mencegah perangkat iOS/iPadOS mengalami kerusakan parah/mati total saat terjadi malfungsi atau kerusakan pada sistem. Kondisi Recovery Mode ditandai dengan layar hitam dan gambar kabel dan ikon iTunes (atau ikon laptop).

Recovery Mode

Recovery Mode bisa aktif karena dua hal:

  • Terjadi malfungsi atau crash pada sistem (atau terjadi kerusakan hardware ringan yang berdampak langsung ke sistem) yang cukup berat yang memicu Recovery Mode diaktifkan secara otomatis.
  • Perangkat diatur ke Recovery Mode secara manual oleh pengguna.

Dengan adanya Recovery Mode (dan DFU mode), perangkat iOS akan bisa di-restore dan dinormalkan kembali selama tidak ada kerusakan berat pada sisi hardware.

Apa itu DFU mode

DFU adalah singkatan dari Device Firmware Update. DFU mode sekilas mirip dengan Recovery Mode, tetapi DFU mode bersifat lebih dalam dibanding Recovery Mode karena firmware DFU mode tersimpan dalam chip yang dieksekusi sebelum sistem operasi dijalankan (pada proses booting).

Perangkat yang bermasalah pada sistem hampir selalu bisa dinormalkan lagi dengan di-restore di kondisi Recovery Mode, tapi kalau ternyata restore di kondisi Recovery Mode tidak menyelesaikan masalah, maka jalan terakhir adalah melakukan restore di kondisi DFU mode karena proses restore dengan DFU mode bisa lebih aman dari interupsi iOS/sistem operasi.

Kondisi DFU mode ditandai dengan layar gelap tanpa ada gambar atau logo sama sekali.

Berbeda dengan Recovery Mode yang bisa aktif otomatis saat terjadi malfungsi/crash pada sistem, DFU mode hanya bisa diaktifkan secara manual oleh pengguna karena secara teknis aktivasi DFU mode tidak terjangkau oleh sistem operasi.

English EN Indonesian ID