Arti istilah ‘signed’ dan ‘unsigned’ pada versi iOS

Memahampi perbedaan istilah 'signed' dan 'unsigned' pada versi iOS dan iPadOS.

Dalam dunia komputer atau teknologi informasi, (code) signing adalah sebuah proses menandatangani sebuah perangkat lunak secara digital untuk memverifikasi keasliannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan perangkat lunak yang akan di-install aman, masih asli, dan tidak pernah dimodifikasi sebelumnya. (Code) signing merupakan sebuah langkah keamanan penting yang membantu melindungi pengguna dari perangkat lunak berbahaya.

Perangkat lunak yang telah ditandatangani secara digital (oleh pemilik atau pengembang perangkat lunak tersebut) biasa disebut “signed“, sedangkan kebalikannya, yaitu yang tidak memiliki tanda tangan resmi, disebut sebagai “unsigned“.

Dalam konteks perangkat lunak milik Apple, yang dalam hal ini adalah file IPSW untuk iOS atau iPadOS, sebuah versi iOS atau iPadOS juga memiliki status signed atau unsigned.

Ketika sebuah versi iOS menjadi “unsigned“, itu berarti Apple tidak lagi menandatanganinya secara digital, atau bisa juga dianggap bahwa tanda tangannya (otorisasinya) terhadap suatu versi iOS telah dicabut Apple sehingga pengguna tidak mungkin lagi meng-install versi iOS tersebut ke perangkatnya. Hal ini biasanya terjadi ketika sebuah versi baru dirilis dan Apple telah berhenti mendukung versi sebelumnya.

Adanya proses atau praktik code signing untuk memberikan status signed dan unsigned ini dilakukan untuk melindungi pengguna dari perangkat lunak yang bisa saja disusupi program jahat dan mengancam keamanan data pengguna, sekaligus untuk mencegah pengguna melakukan downgrade iOS/iPadOS, dan mendorong pengguna agar selalu memperbarui perangkat mereka dan untuk memastikan bahwa mereka menggunakan iOS versi terbaru, yang biasanya lebih aman dan memiliki fitur dan peningkatan terbaru.

Sebagai catatan, semua versi iOS dan iPadOS yang ditampilkan di halaman dotIPSW adalah versi terbaru atau versi paling akhir yang seharusnya berstatus signed (signed = bisa di-restore ke versi tersebut), sehingga tidak ada dan tidak perlu ada label khusus untuk versi yang statusnya unsigned.