Home iOS iPadOS Article

Yang dilakukan ketika file IPSW menjadi RAR

Langkah yang harus dilakukan ketika file IPSW yang di-download berubah menjadi format RAR

Ketika Anda men-download file IPSW dan setelah selesai di-download ternyata hasilnya berubah menjadi .RAR, maka Anda tidak perlu panik dan men-download ulang file IPSW-nya kembali.

File IPSW yang Anda download sebenarnya masih asli dengan format yang sama, yaitu .ipsw. Hanya saja terkadang browser atau program yang digunakan untuk men-download file IPSW-nya mengubah ekstensi file-nya secara otomatis tanpa persetujuan pengguna. Hal ini memang bisa terjadi mengingat file IPSW pada adalah file arsip yang dikompresi, sejenis dengan file RAR dan ZIP. Singkatnya, karena pada saat di-download file IPSW terdeteksi sebagai file arsip, browser yang Anda gunakan mengira kalau file IPSW yang baru saja di-download adalah file RAR.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah kembali nama file atau ekstensi file-nya menjadi .ipsw (asalkan file-nya sukses ter-download dengan sempurna).

Setelah file-nya di-rename ke format aslinya, file IPSW-nya bisa digunakan untuk restore seperti biasa, baik itu dari mode normal atau pun dari DFU/Recovery mode.

Cara mengubah format/ekstensi .rar ke .ipsw

Pertama, cari file IPSW yang sudah di-download dan pastikan kalau Windows Explorer (tekan Ctrl+E) sudah menampilkan ekstensi file-nya. Kalau belum, ubah pengaturan Windows Explorer untuk menampilkan ekstensi file, caranya adalah (Windows 10):

Windows - Folder Options
Folder Options pada Windows Explorer (Windows 10)
  1. Di jendela Windows Explorer, buka tab View dan klik tombol Options.
  2. Setelah jendela Folder Options terbuka, buka tab View dan cari opsi Hide extensions for known file types.
  3. Kalau opsi tersebut tercentang, artinya ekstensi file dibuat tersembunyi. Anda sebaiknya hapus centangnya untuk membuat ekstensi file bisa ditampilkan.
  4. Klik tombol Apply lalu OK untuk menyelesaikan prosesnya.

Setelah ekstensi file berhasil dimunculkan, cari file IPSW-nya dan perhatikan apakah nama belakangnya memang berubah menjadi .rar. Anda tinggal mengubah namanya (klik-kanan lalu Rename) dari .rar menjadi .ipsw, lalu tekan Enter untuk menyimpan.

Selamat mencoba.