Cara restart paksa di iPhone

Pelajari cara melakukan restart paksa di iPhone Anda ketika perangkat tidak merespons atau terjebak pada tampilan yang tidak normal.

Ketika iPhone tiba-tiba tidak merespon saat disentuh, atau macet pada saat dinyalakan, atau layarnya hitam dan tidak bisa dimatikan atau di-restart secara normal, Anda mungkin perlu melakukan force restart atau me-restart iPhone secara paksa.

Sesuai dengan namanya, force restart akan memaksa iPhone menyala ulang. Force restart tidak akan membuat iPhone mati/shutdown.

Force restart, force reboot, atau restart paksa dilakukan dengan menekan kombinasi tombol tertentu pada iPhone untuk membuat seluruh proses sistem yang masih berjalan pada iPhone terhenti, dengan begitu iPhone yang sedang bermasalah bisa menyala ulang dengan normal seperti baru dihidupkan. Normalnya, force restart hanya dianjurkan ketika terjadi malfungsi pada iPhone saja.

Sebagai catatan bagi yang belum pernah melakukan force restart sebelumnya, Anda bisa melakukan force restart pada iPhone saat iPhone-nya masih menyala dan menampilkan menu, atau pun bisa juga pada saat layar iPhone hitam.

Cara melakukan restart paksa pada iPhone 6s atau versi lebih lama

Tekan dan tahan tombol utama (tombol home) dan tombol tidur/bangun (tombol power) pada saat yang bersamaan. Saat logo Apple muncul di layar, lepas kedua tombol.

Tombol iPhone 6
Tombol iPhone 6

Cara melakukan restart paksa pada iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPod touch (generasi ke-7)

Tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power bersamaan hingga logo Apple muncul.

Tombol iPhone 7
Tombol iPhone 7

Cara melakukan restart paksa pada iPhone 8 atau versi lebih baru

Tekan dan lepas tombol volume atas dengan cepat, tekan dan lepas tombol volume bawah dengan cepat, lalu tekan dan tahan tombol samping hingga muncul logo Apple muncul.

Tombol iPhone 8
Tombol iPhone 8

Cara melakukan restart paksa pada iPhone X dan yang terbaru

Tekan dan lepas tombol volume atas dengan cepat, tekan dan lepas tombol volume bawah dengan cepat, lalu tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul.

Tombol iPhone X
Tombol iPhone X