Home iOS iPadOS Article

Cara install iOS versi beta

Cara mendapatkan iOS versi beta untuk perangkat Anda

iOS versi beta adalah iOS yang masih dalam pengembangan dan belum dirilis ke publik. iOS (dan iPadOS) versi beta hanya ditujukan untuk penginstalan pada perangkat-perangkat yang diperuntukkan sebagai perangkat uji coba atau perangkat pengembangan yang telah terdaftar sebagai anggota Apple Developer Program atau Apple Beta Software Program.

Apple Developer Program

Apple Developer Program adalah program yang ditujukan untuk individu (dan perusahaan) yang ingin membuat dan mengembangkan perangkat lunak untuk platform Apple. Untuk menjadi anggota program ini seseorang harus membayar biaya keanggotaan sebesar $99 pertahun.

Setelah menjadi anggota Apple Developer Program, seseorang bisa mendapatkan akses ke berbagai layanan dan program-program pengembangan aplikasi yang ekslusif, termasuk juga akses ke layanan pengelolaan dan pendistribusian aplikasi melalui App Store, dan tentu saja iOS versi (developer) beta.

Apple Beta Software Program

Apple Beta Software Program adalah program yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin meng-install dan menguji coba iOS versi beta. Program ini terbuka kepada siapa saja yang ingin mencoba iOS sebelum diluncurkan secara resmi ke publik.

Apple meluncurkan program ini secara gratis untuk semua kalangan pengguna iOS (dan iPadOS) dengan tujuan agar semakin banyak orang yang memberikan laporan bug, pengalaman, dan masukan terkait pengembangan iOS di tahap beta.

Daftarkan perangkat Anda di Beta Software Program

Jika Anda berniat untuk meng-install iOS versi beta di perangkat Anda untuk coba-coba saja dan tidak ingin membayar biaya keanggotaan, maka menjadi anggota Apple Beta Software Program adalah cara resmi yang dapat Anda tempuh.

Halaman pendaftaran Apple Beta Software Program
Halaman pendaftaran Apple Beta Software Program

Berikut ini adalah cara untuk mendaftarkan perangkat dan mendapatkan iOS (public) beta di perangkat Anda.

  1. Siapkan perangkat yang ingin Anda daftarkan.
  2. Buka halaman Apple Beta Software Program (dengan Safari), kemudian klik Sign up, dan masuk dengan ID Apple Anda.
  3. Setelah berhasil masuk dan mendaftarkan perangkat Anda, selanjutnya klik menu Enroll Your Devices.
  4. Di halaman Enroll Your Devices, pada bagian Install profile, tap tombol Download profile.
  5. Kemudian akan muncul pesan permintaan bahwa Anda akan men-download dan meng-install sebuah profil konfigurasi ke perangkat Anda. Pilih Izinkan untuk melanjutkan.
  6. Setelah proses download profil selesai, buka Settings atau Pengaturan. Akan muncul sebuah menu baru yaitu Profil Diunduh.
  7. Buka menu Profil Diunduh untuk menampilkan detail profil yang telah di-download, kemudian pilih Instal untuk memasangnya ke perangkat.
  8. Selanjutnya perangkat Anda akan restart secara otomatis untuk melakukan proses instalasi profil.
  9. Bila perangkat telah menyala kembali, masuk kembali ke Settings atau Pengaturan dan buka Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.
  10. Tunggu beberapa saat hingga iOS Public Beta muncul sebagai perangkat lunak yang dapat di-download.
  11. Selanjutnya Anda tinggal men-download iOS versi beta tersebut dan ikuti prosesnya seperti biasa sampai selesai.
  12. Selamat mencoba iOS Public Beta.

Perlu diingat kembali bahwa iOS versi beta adalah perangkat lunak yang masih dalam pengembangan, perangkat lunak yang belum sempurna dan masih banyak kekurangannya. Masalah-masalah yang terjadi pada perangkat Anda setelah meng-install iOS versi beta adalah risiko yang Anda tanggung sendiri.

Setelah Anda meng-install iOS atau iPadOS versi beta di perangkat Anda, perangkat Anda akan menjalankan iOS atau iPadOS yang versinya lebih tinggi dari versi publik terbaru. Itu artinya perangkat Anda mendapat pembaruan iOS atau iPadOS yang lebih awal dari yang dirilis untuk publik. Jika Anda ingin mendapatkan pembaruan versi publik Anda harus menghapus profile yang telah di-install di perangkat Anda sebelumnya.